Personal Branding Influencer Kuliner Lokal Gorontalo di Media Sosial: Studi Deskriptif Personal Branding Ella Arysad melalui akun TikTok @ellaarsyad19

Authors

  • Adelya Dwicahyani Halid Universitas Negeri Gorontalo Author
  • Noval Sufriyanto Talani Universitas Negeri Gorontalo Author
  • Abdul Wahab Thomas Universitas Negeri Gorontalo Author

Keywords:

Personal Branding, Influencer, Media Sosial, Tiktok, Kuliner Lokal.

Abstract

Penelitian ini berangkat dari fenomena tingginya minat masyarakat Gorontalo terhadap konten kuliner lokal di TikTok, namun masih terbatasnya pemahaman tentang bagaimana Influencer membangun Personal Branding mereka. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembentukan Personal Branding Ella Arsyad pada akun TikTok @ellaarsyad19 dengan menggunakan delapan konsep Personal Branding Peter Montoya dan Tim Vandehey, yaitu specialization, leadership, personality, distinctiveness, visibility, unity, persistence, dan goodwill. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dengan data primer berupa 12 video konten tahun 2024 yang dipilih secara purposive, wawancara mendalam bersama Ella Arsyad sebagai informan kunci, sepuluh followers sebagai informan utama, serta dua ahli Personal Branding sebagai informan tambahan, ditunjang dengan dokumentasi pendukung.Analisis menunjukkan bahwa Ella Arsyad berhasil membangun Personal Branding yang kuat melalui fokus pada kuliner lokal Gorontalo, gaya komunikasi yang ekspresif dan autentik, serta interaksi aktif dengan followers. Konsep kepemimpinan, kepribadian, dan kegigihan merupakan aspek paling menonjol. Namun, konsistensi tema dan identitas visual perlu diperkuat. Temuan ini menegaskan bahwa Personal Branding Ella Arsyad efektif dalam memengaruhi audiens dan memperkuat citranya sebagai Influencer kuliner Gorontalo. Penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi Influencer lain, UMKM kuliner, maupun peneliti selanjutnya yang menaruh perhatian pada konsep Personal Branding di media sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-10-01

How to Cite

Halid, A. D., Talani, N. S., & Thomas, A. W. (2025). Personal Branding Influencer Kuliner Lokal Gorontalo di Media Sosial: Studi Deskriptif Personal Branding Ella Arysad melalui akun TikTok @ellaarsyad19. Tech Talk Journal, 1(3), 7-16. https://techtalkjournal.com/index.php/ttj/article/view/65

Similar Articles

1-10 of 22

You may also start an advanced similarity search for this article.