Representasi Pola Komunikasi Keluarga dalam Film Gara-gara Warisan: Suatu Analisa Semiotika Charles Sanders Peirce
Keywords:
Pola Komunikasi, Keluarga, Film, SemiotikaAbstract
Penelitian ini menganalisis Representasi Pola Komunikasi Keluarga dalam film keluarga yang berjudul Gara-Gara Warisan. Hal yang membedakan penelitian ini dengan penelitian lainnya yang berhubungan dengan film serupa adalah penggunaan teori komunikasi keluarga oleh Fitzpatrick dalam menemukan tanda-tanda representasi pola komunikasi keluarga. Film Gara-Gara Warisan merupakan film keluarga yang dibumbui komedi namun, pada penelitian ini bertujuan untuk melihat pada setiap scene yang berkaitan dengan pola komunikasi keluarga. Penelitian ini menggunakan konsep pola komunikasi keluarga yang terbagi empat tipe yakni, Pola komunikasi Konsensual, Pola Komunikasi Protektif, Pola Komunikasi Pluralistik, dan Pola Komunikasi Laissez-Faire. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotika Charles Sanders Peirce untuk melihat sign, Object, dan Interpretant, pengumpulan data melalui potongan film pada hasil tangkapan layar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film Gara-Gara Warisan merepresentasikan Pola Komunikasi Keluarga, dimana keluarga Dahlan menunjukkan pola tersebut diantaranya Pola Komunikasi Pluralistik, Pola komunikasi Protektif, dan Pola komunikasi konsensual untuk Pola komunikasi Laissez-Faire tidak ditemukan dalam film Gara-Gara Warisan.